RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                   :     SMP NEGRI 12 Tasikmalya…………………………….    

Mata Pelajaran                  :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester               :     VII / 1

Standar Kompetensi         :     2.       Memahami Kehidupan sosial manusia

Kompetensi Dasar            :     2.1.    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

Alokasi Waktu                  :     4 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )

A. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

     1. Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

     2. Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

     3. Menjelaskan pengertian dan pentingnya sosialisasi.

 

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

     1. Siswa mampu menjelaskan  kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

     2. Siswa mampu menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

     3. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan pentingnya sosialisasi.

 

C. MATERI POKOK PEMBAHASAN

     1. Kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

     2. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

     3. Pengertian dan pentingnya sosialisasi.

 

D .SUMBER DAN BAHAN AJAR

      1. Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisai.

      2. Buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas  VII

      3. Buku LKS Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas VII

      4. Surat Kabar

      5. Lingkungan sekitar

 

E. KARAKTERISTIK SISWA YANG DIHARAPKAN

  1. Religi  ( religious)
  2. Disiplin  (discipline)
  3. Toleransi   (tolerance)
  4. Tekun   (diligence)
  5. Keberanian  (brovery)
  6. Tanggung Jawab  (responsibility)
  7. Ketelitian  ( carefulne)
  8. Kerjasama  (cooperation )
  9. Percayadiri  (confidence)

 

F .  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Pendahuluan

Apersepsi

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (religi)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peserta didik (disiplin)
  • Membahas tugas yang belum dikerjakan oleh siswa (tanggung jawab)
  • Memberikan apersepsi dengan mengamati lingkungan.

Motivasi

  • Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari tentang kaitan interaksi sosial dan proses sosial.
  • Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
  • Menjelaskan pengertian dan pentingnya bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan Kriteria, Ketuntasan Milnimal (KKM) yaitu (…)

Kegiatan inti

Eksplorasi

   1. Siswa diberi rangsangan berupa pemberian materi oleh guru mengenai berbagai aspek kependudukan dalam melakukan aktivitas sehari-hari (ketelitian).

  1.    2.  Guru menggali pengetahuan awal siswa tentsng msteri yang telah lalu di                                                           

         Pelajari.

   3. Guru mengelompokan siswa secara heterogen berdasarkan kemampuan                            akademik dengan anggota masing-masing 4-5 orang.

Elaborasi

  1. Guru membagikan bahan ajar dan LKS, kepada setiap kelompok
  2. Guru mempersilahkan setiap kelompok untuk mempelajari bahan ajar (selama diskusi berlangsung guru memantau kerja dari tiap-tiap kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan). Kemudian guru meminta siswa untuk mempresentasikan bahan ajar dari tiap-tiap kelompok. (ketekunan, kerjasama dan keberanian)
  3. Setelah selesai membahas bahan ajar, kemudian guru mempersilahkan peserta didik menyelesaikan LKS secara kelompok. Kemudian LKS dikumpulkan (ketekunan dan ketelitian)

Konfirmasi

  1. Guru mempersilahkan perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja sama kelompok didepan kelas mengenai materi kaitan interaksi sosial dan proses sosial selanjutnya ditanggapi kebenarannya oleh kelompok lain (percaya diri, keberanian dan toleransi).
  2. Guru memberikan tes individu yang harus dikerjakan oleh setiap siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
  3. Guru membuat skor perkembangan tiap siswa untuk disumbangkan ke skor kelompok.
  4.        4.   Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif                                                     

           dalam pelaksanaan pembelajaran (toleransi)

 

Penutup

  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi pelajaran mengenai kaitan interaksi sosial dan proses sosial.
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai pekerjaan rumah yang harus dikumpulakan dalam pertemuan berikutnya.

 

G.  STRATEGI PEMBELAJARAN

 

  1.  Model Pembelajaran        : Pembelajaran koperatif
  2. Metode Pembelajaran       : Pemberian materi (ceramah), diskusi, tanya jawab,                                             dan pemberian tugas

 

 

H. PENILAIAN

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Instrumen

  • Menjelaskan pengertian interaksi sosial.

 

  • Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

 

  • Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Portofolio

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik

 

 

Jelaskan syarat-syarat terjadinya  interaksi sosial.

 

Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!

 

Jelaskan pengertian interaksi sosial

 

Interaksi terjadi dalam tiga pola. Sebut dan jelaskan!

 

Mengapa orang atau individu melakukan interaksi sosial

 

Sebutkan tujuan interaksi sosial

 

mengapa reaksi seseorang terhadap riasan orang lain sudah dapat dikatakan sebagai

interaksi sosial

 

Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.

 

    

Penilaian :

No

Nama

Proses

Interaksi

Diskusi

Lap.Diskusi

Presentasi

Tanya Jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           

            Tasikmalaya …………..……… 2012

 

 

 

 

                         Mengetahui,

 

 

Kepala  Sekolah

 

 

 

 

              (………………….)

               NIP

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

                 ( DEDEN.ARIF.S )                                                                                            

NIP

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s